Semarang, tekkom.ft.undip.ac.id – Abdul Rozzaq, Djie Valencia Santoso, dan Farhan Ryan Rafli mahasiswa Teknik Komputer angkatan 2021 tergabung menjadi satu Tim V374 berhasil menjadi finalis di ajang Final Round Varsity Hackathon 2023 di Universiti Sains Malaysia, Penang pada 1 – 2 April 2023.

Varsity Hackathon merupakan salah satu ajang hackathon internasional terbesar yang ditujukan kepada para mahasiswa lokal maupun internasional untuk bersaing merumuskan solusi dari berbagai masalah menggunakan teknologi. Di tahun ini, Varsity Hackathon dilaksanakan secara hybrid dimana peserta akan mengikuti babak penyisihan secara daring dan hadir secara luring bertempat di Universiti Sains Malaysia untuk babak final.

Tim V374 bersama dengan 19 tim lainnya yang berasal dari berbagai negara mengikuti rangkaian babak final selama dua hari. Valen, salah satu anggota tim menyampaikan bahwa dalam melaksanakan hackathon pembagian tugas untuk setiap anggota tim sangat diperlukan. Ryan bertugas untuk menyelesaikan proyek akhir berupa aplikasi “Nawasena”, Rozzaq berlatih mempresentasikan hasil proyek akhir, dan Valen mempersiapkan materi presentasi. Dengan kerjasama antar anggota tim dilanjutkan dengan sesi mentoring bersama Mr. Mohamad ‘Aizat Danial (Startup Ecosystem Executive dari Digital Penang) Tim V374 mampu menyelesaikan proyek akhir untuk diujikan pada hari kedua.

Nawasena, aplikasi yang dikembangkan oleh Tim V374 memiliki tujuan sebagai portal bagi para mahasiswa dan freshgraduates menemukan berbagai lowongan pekerjaan maupun program internship. Aplikasi yang dikembangkan dengan framework Flutter ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu para mahasiswa dan freshgraduates mengembangkan dan melatih keahlian sesuai minat dan bakat yang kemudian dapat diterapkan melalui lowongan yang disediakan di aplikasi.

Tim V374 berhasil mempresentasikan hasil proyek akhir dalam Live Pitching Session dengan tema “Lack of Career Exposure” pada urutan presentasi ke-9. “Kami sangat bersyukur bisa sampai ke babak final. Tentunya ini adalah berkah dari Tuhan yang Maha Esa disertai kerja keras kami beserta doa dan dukungan dari keluarga, dosen pembimbing, Bapak Arseto Satriyo Nugroho, S.T., M.Eng., dan sivitas akademika lainnya”, ungkap Valen. Tim V374 juga berpesan kepada para teman-teman mahasiswa lainnya agar terus berkarya dan jangan mudah menyerah. “Kita belajar dari setiap pengalaman dan pasti akan ada kesempatan lain untuk meraih sukses di masa depan. Jangan lupa, kita membangun masa depan kita sendiri dengan usaha dan keberanian yang kita miliki”, ungkap Valen sebagai perwakilan tim.

[post-view]

× Info lain? Silahkan chat kami