KKNI level 6
Jaringan dan Keamanan Komputer
Bidang peminatan Jaringan komputer dan keamanan mempunyai kompetensi dalam perancangan jaringan yang terkait dengan komputer, antara lain:
- Membuat struktur jaringan komputer serta penerapannya, analisis jaringan komputer, jenis protokol dan interface jaringan, merancang pengalokasian alamat jaringan, memahami konsep VLAN, Penggunaan Bridge, Routing dan kombinasi router dengan vlan serta desain jaringan,
- mampu mengimplementasikan arsitektur dan protokol jaringan komputer pada bagian internetworknya serta memberikan pengetahuan tentang perancangan jaringan dan manajemen jaringan komputer yang baik dan benar pada internetwork
- memahami konsep-konsep perancangan jaringan komputer baik LAN maupun WAN, mampu mendesain sistem internetworking untuk skala korporat / enterprise.
- memahami dan mampu mengimplementasikan keamanan jaringan; konsep keamanan dasar, ancaman, kelemahan dan serangan, kriptografi, sistem kripto dengan public key dan digital signature, keamanan jaringan IP, SSL dan TLS, autentikasi, email dan keamanan web, policy, Intrusion detection dan recovery, virtual private networks, firewalls, keamanan sistem operasi (Windows & UNIX), keamanan jaringan komputer nirkabel.
Sistem Tertanam dan Robotika
Bidang peminatan Sistem tertanam mempunyai kompetensi dalam perancangan sistem tertanam yang terkait dengan perkembangan perangkat keras, perkembangan teknologi perangkat keras untuk sistem tertanam dan robotika, dan lain-lain. Kompetensi yang mendukung bidang minat Sistem Tertanam dan Robotika antara lain:
- Memahami proses sintesa dan menganalisa rangkaian digital, pencacah dan register; keluarga IC; ADC/DAC; pengkodean dan konversi; deteksi dan koreksi kesalahan; piranti pengingat dalam penerapannya;
- Memahami dasar-dasar semikonduktor, karakteristil dioda dan penggunaannya; karakteristik transistor (transistor junction, FET, mosfet dll) dan penggunaannya, rangkaian pengganti transistor; dan penguat sinyal kecil;
- Mampu memodelkan sistem, mengkarakteristikan dan menganalisis system pengaturan berdasarkan spesifikasi respons waktu, Komponen-komponen Sistem Pengaturan (Sensor dan Transduser, Signal Conditioning, Kontroller P, Kontroller PD, Kontroller PI, Kontroller PID, Aktuator); Permodelan Sistem dinamik (representasi PD, TF, diagram blok, signal flow graph dan state space); Karakteristik Sistem (Orde 1, Orde 2 dan Orde Tinggi); Analitik Kontroller PID;
- Memahami Bus Interfacing, I/O Interfacing, Memory Interfacing, prinsip komunikasi dua arah, Handshaking, Serial & Parallel interfacing, Data Transfer, Standar digital Interfacing, Timing system, Interupt & DMA system, D/A, A/D, transduscer, pengkondisi sinyal, aktuator LAN, WAN, Sofware Interfacing;
- Mampu memahami dasar-dasar sain dan teknologi sensor, karakteristik sensor, pengkondisi sinyal sensor, sensor vibrasi dan aplikasinya, biosensor dan aplikasinya, sensor kimia dan aplikasinya, sensor induktif dan kapasitif serta aplikasinya, sensor elektromagnetik dan aplikasinya, sensor fluida dan aplikasinya, sensor gaya dan aplikasinya, sensor kelembaban dan aplikasinya, sensor radiasi dan optic serta aplikasinya, sensor gerak dan posisi serta aplikasinya, sensor tekanan dan aplikasinya, sensor suhu dan aplikasinya, dasar dan aplikasi jaringan sensor nirkabel;
- Mampu merancang sistem kontrol untuk robot jenis mobile dan lengan robot, penggerak, manipulator, transformasi koordinat, kinematika dan dinamika robot; differential motion dan Jacobian; perencanaan trayektori manipulator (robot); kontrol gerak robot;
Perangkat Lunak dan Mobile Computing
Bidang peminatan Perangkat lunak dan mobile computing mempunyai kompetensi dalam perancangan dan implementasi perangkat lunak untuk mobil device yang bersertifikasi Microsoft, Oracle, maupun IBM. Kompetensi pendukung minat perangkat lunak dan mobil computing antara lain:
- Memahami teknik dan cara mengembangkan perangkat lunak bermutu tinggi, mengetahui perkembangan dan rekayasa perangkat lunak serta prospeknya karateristik dan komponen perangkat lunak, daur hidup dan prototyping rekayasa software. Perencanaan dan persyaratan software, perancangan software, coding dan bahasa pemrograman, ujicoba dan pemeliharaan software, konfigurasi dan manajemen software;
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mendesain sistem perangkat lunak embedded dengan menggunakan berbagai konsep model system atau komponen dengan mengetahui kosep komponen dalam software, model-model komputasi: FSM, Petri Net, Statecharts, Functional Block Diagram, software frameworks, metode pengembangan software real time, dekomposisi task,Standar-standar IEC untuk rekaya software real time;
- Memahami interaksi manusia dengan komputer dari berbagai sudut pandang antara lain: Interaksi manusia dengan computer- historis, intelektual dan sosial. Membangun system interaksi, termasuk disain, metode evaluasi, interaksi melalui berbagai alat sensor, teori-teori pemrosesan informasi dari manusia dengan computer dan masalah adaptasi;
- Memahami teori dan praktek pemrograman menggunakan bahasa rakitan/assembly dengan mengetahui I/O, geser memori/register, logika dan aritmetika, pengurutan dan kontrol program, register, pengalamatan, emulator.
Komentar Terbaru