Sarana Prasarana dan K3

GEDUNG PERKULIAHAN dan ADMINISTRASI

Departemen Teknik Komputer saat ini menempati Gedung Dekanat lama Fakultas Teknik UNDIP berlantai 2 yang digunakan untuk Lima ruang kuliah (ruang ber AC dan LCD Projector), Empat ruang laboratoriumsatu ruang administrasisatu ruang ketua jurusan, 12 Ruang dosendua  perpustakaan (universitas dan fakultas), satu ruang bacaruang seminar dan ruang rapat, ruang untuk kegiatan Himpunan Mahasiswa dan Musholla.

Pembangunan Gedung Kuliah mandiri Program Studi Sistem Komputer Undip direncanakan dalam RTBL dibangun Tiga Lantai dengan Lokasi bersebelahan dengan Gedung Jurusan Teknik Elektro  pada Tahun 2015 -2016 .

Rencana Pengembangan Kampus Teknik Komputer Undip telah disiapkan Fakultas Teknik : Gambar Desain Tampak MukaDesain Tampak Belakang Rencana Gedung Sistem Komputer Undip menempati Lokasi Antara Gedung Jurusan Teknik Elektro dan Gedung Jurusan Teknik Mesin, berhadapan dengan Fakultas Sains dan Matematika Undip.

Pengembangan Gedung Teknik Komputer dan Pascasarjana FT Undip lima lantai Tahun 2022 berlokasi di area gedung dekanat lama FT Undip. luas ruangan 5 x 700 meter persegi dipergunakan untuk ruang laboratorium dan ruang perkuliahan Prodi S1 Teknik Komputer dan Pascasarjana S2, S3 FT Undip. Anggaran pembangunan gedung mendapatkan dana partisipasi dari CSR Pertamina TA 2022.

DOKUMEN RTBL Sistem Komputer Fakultas Teknik Undip.

LABORATORIUM

Laboratorium digunakan untuk menunjang aktifitas akademik praktikum mahasiswa, tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen, penelitian mahasiswa dan penelitian kerjasama dengan pihak luar. Laboratorium tersebut, yaitu :

  1. Laboratorium Jaringan dan Keamanan Komputer
  2. Laboratorium Perangkat Lunak dan Perangkat Bergerak
  3. Laboratorium Sistem Embedded dan Robotik  
  4. Laboratorium Multimedia
  5. Rencana pengembangan Laboratorium baru Kecerdasan Buatan.

Masing-masing laboratorium, dikelola oleh seorang dosen sebagai koordinator Laboratorium dan seorang dosen sebagai sekretaris, beberapa mahasiswa sebagai assisten dan seorang karyawan sebagai Laboran.

KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA 

RUANG BACA

Prodi Siskom memberikan ruangan untuk mahasiswa dapat membaca literatur, referensi teks book (hardcopy) dapat meminjam di ruang baca yang telah disediakan, sekitar 300 buku disiapkan, dan terus ditambah tiap tahunnya. Selain buku buku hardcopy, disediakan pula akses untuk ebooks dan jurnal online yang dilanggan. Ruangan cukup dengan akses wifi tersedia cukup. Karya Karya skripsi dan laporan kerja praktek disimpan juga di ruang baca untuk dapat dibaca di ruang baca.

AKSES JURNAL ONLINE

Teknik Komputer memiliki langganan Jurnal Online yang dilanggan oleh Undip Layanan dapat diakses melalui single sign on

LAN & INTERNET

Dept. Teknik Komputer terhubung ke jaringan SIFT (Sistem Informasi Fakultas Teknik) yang tersambung dengan jaringan fiber optik ke Universitas Diponegoro. LAN di Teknik Komputer tersambung dengan komputer yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk kebutuhannya dan akses internet  melalui layanan fiber optik dengan Bandwidth berkecepatan 1 Gbps. Hotspot layanan Intranet dan Internet selama 24 jam tiap hari.

APLIKASI SISTEM INFORMASI FT Undip

  1. SISTEM INFORMASI AKADEMIS (SIAP), SIA yang berbasis WEB telah diterapkan di lingkungan Teknik Komputer, dengan SIA, mahasiswa dapat mengakses informasi akademis dan informasi lain melalui jaringan LAN dan Internet.  Pengisian KRS dilakukan secara online (LAN) dan komunikasi dosen dan mahasiswa dapat dilakukan melalui email LAN maupun internet.  Pada akhir ujian semester, nilai ujian dikirimkan  melalui sms.
  2. SISTEM INFORMASI KEUANGAN (RBA DAN RSA, LOKAL), Sistem Informasi Keuangan baik Rencana Bisnis Anggaran maupun penyerapan telah dibuat dan digunakan sejak Tahun 2012  yang berbasis WEB telah diterapkan di lingkungan Teknik Komputer, Aplikasi sistem informasi keuangan maka Fakultas Teknik dapat memasukkan, mengendalikan dan memonitor Anggaran dan penyerapan anggaran melalui jaringan LAN dan WAN/Internet.
  3. SISTEM INFORMASI ALUMNI, Aplikasi sistem informasi yang dibuat untuk menjembatani alumni, almamater dengan pengguna lulusan, diharapkan dari aplikasi ini dapat di track pengguna lulusan dan masa tunggu serta salary yang didapatkan para alumni. Informasi tersebut sangat berharga bagi program studi dalam menentukan langkah langkah perbaikan / peningkatan program studi.
  4. SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN, Sistem Informasi Kepegawaian Memberikan akses kepada dosen untuk mengupdate data data terkait penelitian dan pengabdian serta penghargaan yang diperoleh, data data berupa SK dan Kepangkatan tetap dilakukan oleh Fakultas untuk menghindari kesalahan pengisian.
  5. APLIKASI KULIAH ONLINE, digunakan untuk media pembelajaran menggunakan media internet, baik unggah buku ajar (file) penilaian diskusi dsb
  6. SISTEM INFORMASI / APLIKASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITASAplikasi perpustakaan memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber literatur yang dimiliki oleh Fakultas dan Universitas. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pula manajemen dalam memonitor penggunaan perpustakaan dan kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam peminjaman buku.
  7. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK,  Aplikasi perpustakaan memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber literatur yang dimiliki oleh Fakultas dan Universitas. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pula manajemen dalam memonitor penggunaan perpustakaan dan kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam peminjaman buku.
  8. APLIKASI RUANG BACA PROGRAM STUDI, Aplikasi Ruang Baca Prodi memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber literatur yang dimiliki oleh Prodi baik karya ilmiah yang telah dihasilkan atau teksbook yang dimiliki. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pula manajemen dalam memonitor penggunaan perpustakaan dan kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam peminjaman buku pada Teknik Komputer
  9. SISTEM INFORMASI LABORATORIUM, aplikasi laboratorium digunakan kedepannya adalah untuk menginventarisir peralatan laboratorium, membagi jadwal penggunaan laboratorium, dan memberikan informasi / layanan yang dapat diinisiasi baik utk kepentingan internal maupun layanan kepada masyarakat luas.
  10. SISTEM INFORMASI KONFERENSI, Aplikasi yang digunakan untuk memudahkan jurusan / prodi untuk membantu dalam pelaksanaan Konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  11. APLIKASI JURNAL S1 PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTERmemenuhi kewajiban tiap prodi melalui SK Dirjen Dikti no 152 E / T / 2012, ISSN: 2338-0403 (online) untuk menampung Karya Ilmiah yang dihasilkan Mahasiswa Sistem Komputer Undip
  12. JURNAL SISTEM KOMPUTER ISSN: 2087-4685 (printed) EISSN: 2252-3456 (online) untuk Dosen dan Umum untuk mendesiminasikan secara online dan hardcopy publikasi hasil penelitian yang telah dilakukan.
  13. SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ULANG, Aplikasi pendaftaran ulang baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama
  14. SISTEM INFORMASI EKSEKUTIFAplikasi yang digunakan oleh pimpinan prodi, Fakultas maupun universitas untuk memantau besaran IP rata rata mahasiswa, mahasiswa DO/Rawan DO, tingkat kelulusan mahasiswa, monitoring keuangan, kepegawaian dsb. Kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk mendukung pimpinan dalam memutuskan sesuatu / decission support system
  15. SISTEM INFORMASI KEUANGAN (HOST TO HOST)aplikasi yang digunakan untuk membuat kemudahan bagi orang tua mahasiswa dalam pembayaran SPP melalui kerjasama dengan empat bank terkemuka di Indonesia, BNI, Mandiri, BTN dan BRI melalui kanal kanal pembayaran baik teller, ATM, SMS Banking maupun internet banking.

SOFTWARE / PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak yang disiapkan untuk mendukung proses pembelajaran dan backoffice program studi:

  1. Opensource
  2. Kerjasama dengan Pihak Industri Software/hardware : Oracle, Cisco, Apple
  3. Lisensi Microsoft Office untuk dosen
  4. Mathlab untuk riset dosen dan mahasiswa bimbingan
Mulai chat
1
Cari info? Silahkan chat kami
Hi, ada yang bisa dibantu ?