Kurikulum

Kurikulum Program Studi Sistem Komputer UNDIP dijabarkan ke dalam 147 satuan kredit semester, yang diselenggarakan dalam kurun waktu 8 semester. Selama menempuh studi di Program Studi sistem Komputer, mahasiswa dibekali dengan ilmu pengetahuan, keahlian, perilaku dan etika sehingga diharapkan akan menjadi insan yang mempunyai karakteristik COMPLETES (COMmunicator, Profesional, Leader, Enterpreneur, Thinker, Educator, System Improver), sesuai profil UNDIP.

Kompetensi inti dan pendukung yang harus dimiliki oleh lulusan mengarah kepada empat bidang peminatan 1) Sistem Tertanam & Robotika, 2) Jaringan & Keamanan Komputer, 3) Perangkat Lunak & Mobile Computing dan 4) Multimedia

1. Sistem Tertanam dan Robotika

Di bidang perancangan sistem tertanam, lulusan akan mempunyai kompetensi yang terkait dengan perkembangan teknologi sistem tertanam dan robotika, meliputi:

  1. mampu memahami proses sintesa dan menganalisa rangkaian digital, pencacah dan register; keluarga IC; ADC/DAC; pengkodean dan konversi; deteksi dan koreksi kesalahan; piranti pengingat dalam penerapannya;
  2. mampu memahami dasar-dasar semikonduktor, karakteristik dioda dan penggunaannya; karakteristik transistor (transistor junction, FET, mosfet dll) dan penggunaannya, rangkaian pengganti transistor; dan penguat sinyal kecil;
  3. mampu memodelkan sistem, mengkarakteristik dan menganalisis sistem pengaturan berdasarkan spesifikasi respons waktu, Komponen-komponen Sistem Pengaturan (Sensor dan Transduser, Signal Conditioning, Kontroller P, Kontroller PD, Kontroller PI, Kontroller PID, Aktuator); Permodelan Sistem dinamik (representasi PD, TF, diagram blok, signal flow graph dan state space); Karakteristik Sistem (Orde 1, Orde 2 dan Orde Tinggi); Analitik Kontroller PID;
  4. mampu memahami Bus Interfacing, I/O Interfacing, Memory Interfacing, prinsip komunikasi dua arah, Handshaking, Serial & Parallel interfacing, Data Transfer, Standar digital Interfacing, Timing system, Interupt & DMA system, D/A, A/D, transduscer, pengkondisi sinyal, aktuator LAN, WAN, Sofware Interfacing;
  5. mampu memahami dasar-dasar sain dan teknologi sensor, karakteristik sensor, pengkondisi sinyal sensor, sensor vibrasi dan aplikasinya, biosensor dan aplikasinya, sensor kimia dan aplikasinya, sensor induktif dan kapasitif serta aplikasinya, sensor elektromagnetik dan aplikasinya, sensor fluida dan aplikasinya, sensor gaya dan aplikasinya, sensor kelembaban dan aplikasinya, sensor radiasi dan optic serta aplikasinya, sensor gerak dan posisi serta aplikasinya, sensor tekanan dan aplikasinya, sensor suhu dan aplikasinya, dasar dan aplikasi jaringan sensor nirkabel;
  6. mampu merancang sistem kontrol untuk robot jenis mobile dan lengan robot, penggerak, manipulator, transformasi koordinat, kinematika dan dinamika robot; differential motion dan Jacobian; perencanaan trayektori manipulator (robot); kontrol gerak robot.

2. Jaringan dan Keamanan Komputer

Di bidang peminatan jaringan komputer dan internet, lulusan akan mempunyai kompetensi dalam perancangan jaringan komputer, yaitu meliputi:

  1. mampu membuat struktur jaringan komputer serta penerapannya, analisis jaringan komputer, jenis protokol dan interface jaringan, merancang pengalokasian alamat jaringan, memahami konsep VLAN, penggunaan bridge, routing dan kombinasi router dengan vlan serta desain jaringan;
  2. mampu mengimplementasikan arsitektur dan protokol jaringan komputer pada bagian internetworknya serta memberikan pengetahuan tentang perancangan jaringan dan manajemen jaringan komputer yang baik dan benar pada internetwork;
  3. mampu memahami konsep perancangan jaringan komputer baik LAN maupun WAN, mengkonfigurasi dan menginstalasi jaringan komputer untuk skala korporat, serta memiliki pengalaman dalam menangani berbagai permasalahan pada jaringan komputer;
  4. mampu memahami dan mampu mengimplementasikan keamanan jaringan; konsep keamanan dasar, ancaman, kelemahan dan serangan, kriptografi, sistem kripto dengan public key dan digital signature, keamanan jaringan IP, SSL dan TLS, autentikasi, email dan keamanan web, policy, intrusion detection dan recovery, virtual private networks, firewalls, keamanan sistem operasi (Windows & UNIX), keamanan jaringan komputer nirkabel;

3.  Perangkat Lunak dan Mobile Computing

Di bidang peminatan Perangkat lunak dan mobile computing, lulusan akan mempunyai kompetensi dalam perancangan dan implementasi perangkat lunak untuk mobil device yang bersertifikasi Microsoft, Oracle, maupun IBM, meliputi:

  1. mampu memahami teknik dan cara mengembangkan perangkat lunak bermutu tinggi, mengetahui perkembangan dan rekayasa perangkat lunak serta prospeknya karateristik dan komponen perangkat lunak, daur hidup dan prototyping rekayasa software. Perencanaan dan persyaratan software, perancangan software, coding dan bahasa pemrograman, ujicoba dan pemeliharaan software, konfigurasi dan manajemen software;
  2. mampu menganalisis dan mendesain sistem perangkat lunak embedded dengan menggunakan berbagai konsep model system atau komponen dengan mengetahui kosep komponen dalam software, model- model komputasi: FSM, Petri Net, Statecharts, Functional Block Diagram, software frameworks, metode pengembangan software real time, dekomposisi task,Standar-standar IEC untuk rekaya software real time;
  3. mampu memahami interaksi manusia dengan komputer dari berbagai sudut pandang antara lain: Interaksi manusia dengan computer- historis, intelektual dan sosial. Membangun system interaksi, termasuk disain, metode evaluasi, interaksi melalui berbagai alat sensor, teori-teori pemrosesan informasi dari manusia dengan computer dan masalah adaptasi;
  4. mampu memahami teori dan praktek pemrograman menggunakan bahasa rakitan/assembly dengan mengetahui I/O, geser memori/register, logika dan aritmetika, pengurutan dan kontrol program, register, pengalamatan, emulator;

4.  Multimedia

  1. mampu memahami karakteristik media, perangkat lunak dan perangkat keras multimedia, pengolahan audio, gambar dan suara.
  2. Mampu memahami teknik kompresi pada beberapa media format data, mengetahui teknik-teknik keamanan multimedia, mampu mengimplementasikan beragam jenis animasi.
  3. Mampu memahami dan dapat mendesain teknologi Virtual Reality
  4. Mampu memahami dan dapat mendesain teknologi Augmenter Reality
  5. Mampu memahami konsep Metaverse

Sumber Acuan

  1. Kurikulum Program Studi Sistem Komputer Undip 2020
  2. Peraturan Akademik Undip (2020)
Mulai chat
1
Cari info? Silahkan chat kami
Hi, ada yang bisa dibantu ?