Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa (UU DIKTI No. 12, tahun 2012). Salah satu kegiatan dari Kampus Merdeka Belajar adalah Penelitian/ Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. Adapun tujuan dari program Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi adalah:

  1. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  2. Mengambangkan model pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kondisi setempat
  3. Meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat
  4. Memberikan solusi berbasis pada analisis situasi sesuai kebutuhan, tantangan atau persoalan yang ada di masyarakat
  5. Melakukan kegiatan yang mampu memberdayakan masyarakat pada semua strata ekonomi, politik, sosial dan budaya
  6. Melakukan alih teknologi, ilmu dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia berkeadilan gender, inklusi sosial dan kelestarian SDA

BIMA merupakan aplikasi pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sebelumnya difasilitasi melalui Simlitabmas. Aplikasi ini berfungsi sebagai sarana untuk membantu proses membuat dan mengolah usulan penelitian dan pengabdian. Dalam prosesnya dosen dapat membuat Usulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk diajukan dan dinilai kepada Reviewer Kemdikbudristek. BIMA dapat diakses melalui laman https://bima.kemdikbud.go.id/

Berikut kami sampaikan dalam lampiran: bahan mengenai persiapan pembuatan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2023 di Aplikasi BIMA.

Untuk jadwal penerimaan proposal akan disampaikan selanjutnya setelah ada pemberitahuan dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Kemdikbudristek.

Demikian pemberitahuan ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran

  1. Materi Program Pengabdian kepada Masyarakat di Era Kampus Merdeka
  2. Materi Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2023

Baca juga

Pengalihan Simlitabmas ke BIMA – LPPM Universitas Diponegoro (undip.ac.id)

× Info lain? Silahkan chat kami