Semarang, tekkom.ft.undip.ac.id – Mahasiswa Teknik Komputer kembali berhasil meraih prestasi gemilang menjadi Juara 1 Nasional dalam ajang UI/UX Competitions Create-In V3.0. Felisiana Ardelia Azzahra dan Fairuzsyah Naufal Fikri dari angkatan 2020 dibimbing oleh Dania Eridani S.T, M.Eng., bekerja sama mengembangkan aplikasi manajemen inventaris makanan bertajuk “Wisely”.

Aplikasi Wisely dirancang sebagai solutif inovatif untuk mengurangi food waste dan food loss, yang menjadi perhatian serius dalam upaya mencapai ketahanan pangan di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan fitur sebagai solusi cerdas untuk meminimalisir pemborosan makanan dengan memberikan notifikasi sebelum makanan yang sudah terdaftar pada inventaris kedaluwarsa. Terdapat juga fitur yang memfasilitasi pengguna untuk menyalurkan donasi makanan yang masih layak konsumsi kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Create-In V3.0 atau “Creative Innovation and Science Technology Festival 3.0” merupakan acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan. Acara ini mengajak mahasiswa dan siswa SMA/SMK menghasilkan rancangan suatu antar muka pengguna dengan metode yang sesuai sehingga menghasilkan aplikasi dengan kualitas baik. Acara ini mengangkat tema “Crafting Seamless Experiences for The Digital Age” dengan harapan dapat menjadi ajang bagi para peserta untuk mengembangkan dan menyalurkan ide terbaiknya untuk menciptakan kenyamanan pada desain UI/UX suatu aplikasi sehingga memudahkan akses para pengguna aplikasi tersebut.

Setelah melewati berbagai tahapan seleksi, mulai dari seleksi proposal dan poster, acara puncak Create-In V3.0 diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2023 di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Pada acara puncak ini, karya dari para peserta dipresentasikan di hadapan dewan juri dan dipamerkan dalam sesi expo kepada para pengunjung.

“Keberhasilan meraih prestasi ini dapat dicapai berkat dari Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus hasil dari usaha keras mahasiswa dan dukungan penuh dari keluarga serta bimbingan dosen pembimbing, Bu Dania” ujar Felisiana dan Fairuzsyah. Keduanya juga berpesan kepada para mahasiswa lainnya untuk selalu semangat berjuang dalam mencapai prestasi di kesempatan lainnya.

× Info lain? Silahkan chat kami