Semarang, tekkom.ft.undip.ac.id – Tiga mahasiswa Teknik Komputer tergabung dalam Tim ForestryTech dari Universitas Diponegoro telah meraih prestasi dengan membawa medali perunggu dalam ajang Seoul International Invention Fair Tahun 2023. Khanuun Maulida Puspita Hasyim, Daniel Alvaro Sormin, dan Samuel Miduk Anugrah Pasaribu merupakan mahasiswa angkatan 2020 yang menjadi anggota Tim ForestryTech bersama dengan dua mahasiswa lainnya dari FISIP Undip, Elliana dan Siti Amira. Di bawah bimbingan Dania Eridani S.T, M.Eng., Tim ForestryTech berhasil mengembangkan inovasi alat pendeteksi kebakaran hutan dan edukasi tumbuhan dalam rangka konservasi hutan dengan memanfaatkan machine learning.

Seoul International Invention Fair merupakan pameran internasional yang resmi diselenggarakan oleh pemerintah Korea melalui KIPA (Korea Invention Promotion Association). Pameran ini berfungsi sebagai ruang bagi para inventor dari seluruh dunia melihat ide-ide inovatif, tekonologi baru, dan penemuan asli yang dipatenkan. Dalam pameran ini para peserta diberikan kesempatan untuk menunjukkan inovasi-inovasi yang telah dikembangkan.

Serangkaian acara ini dimulai pada tanggal 1 November sampai dengan 4 November 2023 dan diadakan di Coex Hall, Seoul, Korea Selatan. Pada tahun ini ada 26 negara dan 500 inventor yang mengikuti acara ini.

Kerjasama tim dan dukungan semua pihak yang telibat dalam usaha untuk mengembangkan inovasi alat pendeteksi kebakaran hutan dan edukasi tumbuhan dalam rangka konservasi hutan dengan memanfaatkan machine learning ini membuahkan keberhasilan yang membanggakan.

Prestasi yang diraih oleh para mahasiswa ini diharapkan memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang lain untuk tidak menyerah dan terus berkarya, mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

× Info lain? Silahkan chat kami