Semarang, tekkom.ft.undip.ac.id – Tim mahasiswa dari Teknik Komputer berhasil meraih juara ketiga di AIoT Essay Competition 2023. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Zeka Emo, Nisrina Azka S., dan Finodya Yahdun dari angkatan tahun 2022 beserta Kurniawan Teguh Martono, S.T., M.T. sebagai dosen pembimbing. Mereka telah melewati beberapa tahapan yaitu: pengiriman tulisan, pengumuman finalis, acara final, dan pemberian penghargaan. Seluruh tahapan acara berlangsung dari tanggal 4 Oktober sampai dengan 28 Oktober 2023 lalu.

Essay yang mereka ajukan membahas tentang prediksi kecocokan tanam dengan judul “Pengembangan Sistem Kecocokan Tanaman dengan Tanah Berbasis Sensor untuk Pertanian Presisi”. Dalam essaynya, mereka menjelaskan tentang bagaimana kecocokan tanam diprediksi dengan menggunakan pemodelan machine learning dan sensor untuk mengambil data dalam tanah.

Salah satu anggota tim, Nisrina, berbagi mengenai proses penyusunan essay bahwa tahap pertama yang mereka lakukan adalah mengembangkan ide. Beberapa ide dari masing-masing anggota mengenai penggunaan AIoT dalam bidang industri dikumpulkan dan kemudian didiskusikan kembali dengan dosen pembimbing. Setelah proses diskusi selesai, mereka mulai mengembangkan ide tersebut mengenai sistem yang dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi tanaman yang sesuai dengan tanah untuk nantinya dituangkan dalam tulisan essay.

“Dari penulisan ini kami tidak hanya mengembangkan dan merencanakan gagasan kami, namun banyak hal-hal baru yang kami pelajari dalam perjalanan ini”, ujar Nisrina.

Nisrina juga membagikan kesannya setelah mengikuti kompetisi ini bahwa dengan mengikuti kompetisi ini pengalaman barunya bertambah. Tidak hanya itu, dalam proses mengikuti kompetisi ini Nisrina dan tim belajar mengembangkan keahlian bekerja sama, brainstorming, dan berpikir kritis.

Prestasi yang diraih oleh para mahasiswa ini diharapkan memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang lain untuk terus berkarya, mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan takut untuk mencoba mengikuti lomba” pesan Nisrina.

Mulai chat
1
Cari info? Silahkan chat kami
Hi, ada yang bisa dibantu ?